Penyebab Mesin Mobil BMW 5 Series Sedan Makan Oli dan Solusinya

Mesin Mobil BMW 5 Series Sedan makan oli ditandai dengan sering berkurangnya oli di mesin mobil. Hal ini harus segera diatasi. Karena resiko kerusakan serius bisa terjadi. Salah satu bentuk masalah yang terjadi akibat masalah ini adalah overheating pada mobil BMW 5 Series Sedan

Jika Mesin Mobil BMW 5 Series Sedan Makan Oli Maka Overheating Bisa Terjadi

Jika Mesin Mobil BMW 5 Series Sedan Makan Oli Maka Overheating Bisa Terjadi

Jika masalah pada mobil BMW 5 Series Sedan ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan merusak mesin. Ini penyebab dan solusinya. Oli adalah salah satu komponen kendaraan yang punya peranan sangat vital. Selain berfungsi untuk membersihkan mesin, oli juga penting untuk mendinginkan mesin saat dikendarai agar tidak terjadi gesekan yang bisa membuat aus.

Menetesnya oli mesin, jadi salah satu pertanda adanya ketidakberesan yang terjadi. Jika anda menemui tanda-tanda oli cepat habis dibarengi dengan menetesnya saat diparkir pada tempat yang datar, maka anda harus melakukan pengecekan lebih lanjut. Anda bisa melakukannya sendiri, atau mendatangi bengkel terdekat.

Penyebab Mesin BMW 5 Series Sedan Makan Oli

Salah satu permasalahan yang banyak dijumpai pada mesin adalah ketika oli mesin terus-terusan berkurang. Ini akan membuat oli cepat habis dan menimbulkan permasalahan yang merentet pada komponen kendaraan yang lain. Ada sejumlah penyebab dari mesin cepat habis ini, yaitu sebagai berikut:

Katup Atau Seal Klep Yang Bocor

Penyebab mesin mobil BMW 5 Series Sedan makan oli yang pertama bisa dari katup atau seal klep yang bocor. Seperti bagian kendaraan yang lain, komponen ini juga bisa habis dimakan waktu. Kebocoran ini, disebabkan oleh pengerasan pada seal klep yang memang dimakan oleh usia, dan jika dibiarkan terus-menerus bisa membuat oli cepat habis dan membuat kinerja mesin jadi makin berat.

Mesin BMW 5 Series Sedan Mengalami Kebocoran

Penyebab selanjutnya adalah bisa jadi berasal dari mesin yang mengalami kebocoran. Ini bisa dipicu oleh block packingnya yang mungkin kurang sempurna. Untuk menghindarinya, anda bisa mengeceknya secara rutin terutama pada bagian block packing dan ring piston.

Ring Piston Aus Atau Pemasangannya Tidak Benar

Penyebab berikutnya bisa juga karena ring piston aus dan pemasangan tidak pas. Oli pelumas di silinder tidak tersapu sempurna oleh ring piston. Akibatnya, oli terbakar dan menyebabkan cepat habis. Selain itu, pemasangan ring piston yang tidak benar akan oli tidak tercampur sempurna dan gampang terbakar.

Oli Mobil Mudah Menguap

Kebanyakan oli mobil dibuat dan diriset sesuai kebutuhan iklim dingin Eropa. Oleh sebab itu, banyak mobil di daerah tropis yang oli mesinnya berkurang secara konsisten. Maka sangat penting menggunakan oli mobil yang memang terstandarisasi tahan terhadap panas di Indonesia. Dengan demikian, mesin tidak akan pernah mengalami kurang oli akibat penguapan.

Kesimpulannya, penyebab mesin mobil BMW 5 Series Sedan makan oli memang harus diwaspadai pemilik kendaraan. Adapun beberapa sumbernya adalah katup atau seal klep bocor, mesin mengalami kebocoran, serta ring piston aus atau pemasangannya tidak benar. Sebelum kerusakan lebih meluas, tentunya anda harus segera mengatasinya dengan datang ke bengkel terdekat.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan perawatan mobil secara berkala. Juga pastikan untuk memilih oli mobil dengan kualitas terbaik dan tidak mudah mengalami penguapan. Dengan demikian, kasus berkurangnya oli mesin dapat dihindari.

Semoga informasi seputar masalah mobil BMW 5 Series Sedan ini bisa membantu kita semua. Senang berbagi informasi dengan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *